Aplikasi Evernote Dapat Menjadi Fasilitas Multimedia yang Sangat Berguna di Dunia Pendidikan


Dunia pendidikan tak lepas dari proses mencatat dan menyimpan arsip berkas kurikulum, ujian, gambar penting, video pembelajaran dan lain sebagainya. Kesulitan bisa muncul jika dalam proses pencatatan dan penyimpanan arsip itu, tidak dilakukan penyimpanan (pengarsipan) yang rapi. Berkas tulisan yang dicetak, biasanya disimpan dalam map khusus sesuai dengan penggolongan arsip. Jika berkasnya masih berupa data (file), ada aplikasi baru yang sangat membantu proses pencatatan dan penyimpanan arsip ini, yaitu Evernote.

Umumnya kita menggunakan perangkat lunak bawaan dari komputer atau laptop yaitu microsoft atau linux. Kita mengetik di microsoft word, microsoft excel atau microsot power point dan lain sebagainya. Untuk pengarsipan, kita simpan data-data itu di berbagai folder yang tersedia tersedia pada program Windows Explorer. Jika kita memerlukan file maka kita membuka folder tempat file tersebut disimpan. Masalah akan timbul jika suatu saat kita ingin mencari data atau file yang kita sendiri lupa meletakkannya di folder mana. Bagaimana cara kita mencari file tersebut? apakah harus dibuka tiap foldernya satu per satu? bagaimana jika ada begitu banyak folder di komputer kita?

Evernote, adalah aplikasi multimedia yang bisa memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Dengan evernote, pengguna bisa menyimpan catatan teks, gambar, suara hingga video. Dan mengakses data dari mana saja, karena Evernote menyediakan media penyimpanan data di awan (cloud computing). Hal ini juga memungkinkan pengguna berbagi dokumen dengan pengguna lainnya.Agar memenuhi syarat sebagai aplikasi lintas platform, Evernote menyediakan layanan untuk sistem operasi mobile Android, iOS, Windows Phone dan BlackBerry, serta sistem operasi komputer Windows dan Mac OS.




Apa sebenarnya Evernote itu?
Evernote adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi multimedia yang memberikan jasa di bidang pencatatan dan pengarsipan. Evernote bisa diunduh secara gratis dari www.evernote.com dan digunakan di berbagai perangkat elektronik yang kita miliki. Yaitu di komputer pribadi (PC), telepon pintar (smartphone), blackberry, ipad, iphone, bahkan telepon seluler biasa yang bisa mengakses internet. Evernote dirancang untuk bisa menyimpan catatan dan pengarsipan dengan mudah. Evernote bukan sekadar aplikasi catatan. Fungsinya terus dikembangkan sebagai aplikasi untuk mengingat segala hal.

Evernote mulai serius di pasar Indonesia sejak pertengahan 2012 dengan menyediakan bahasa Indonesia dalam aplikasi mereka. Hingga Februari 2013, pengguna Evernote di tanah air telah mencapai 350.000.

Ada beberapa aplikasi Evernote yang bisa dimanfaatkan yaitu Evernote, Skitch, Penultimate, Evernote Web Clipper, Evernote Hello, Evernote Food, Evernote Peek, Evernote Clearly. Aplikasi Evernote digunakan untuk membuat catatan dan buku catatan atau sebagai pusat tempat arsip. Skitch untuk menandai gambar dan teks yang dianggap penting dengan cepat, sangat berguna untuk presentasi atau rapat. Penultimate adalah aplikasi khusus untuk ipad dan jenis komputer tablet, yang bisa menyimpan tulisan tangan langsung ke buku catatan Evernote dan bahkan bisa ditransformasikan menjadi tulisan ketik.Evernote Web Clipper digunakan untuk menyimpan file langsung dari website tanpa perlu mengubah bentuknya atau copy paste. Evernote Hello digunakan untuk menyimpan data nama orang dan sedikit informasi tentang orang tersebut, sehingga memudahkan kita menyimpan kartu nama secara online. Evernote Food digunakan untuk menyimpan gambar, lokasi dan informasi tentang makanan dan tempat kuliner yang bagus yang pernah kita datangi. Evernote Peek hanya bisa digunakan untuk komputer tablet. Dan yang terakhir, Evernote Clearly, aplikasi yang bisa mengubah tampilan website sehingga teks tulisan bisa dibaca dengan lebih jelas dan terang.

Bagaimana penggunaan Evernote di dunia pendidikan?
Memori yang bisa disimpan di Evernote bisa berupa teks, gambar dan video. Media pembelajaran yang dibuat oleh praktisi pendidikan, bisa disimpan dengan baik di Evernote. Dengan memberikan label memori yang baik, maka kelak setiap arsip bisa disimpan dengan baik dan juga bisa dibuka kembali sewaktu-waktu dengan mudah. Selain itu dalam format Catatan di Evernote, juga tersedia bentuk To Do List, yang memudahkan pengguna membuat daftar tugas atau sejenisnya. Aplikasi terbaru dari Evernote adalah Reminder, atau pengingat jadwal seperti pada kalender digital. Dengan Reminder Evernote ini, para guru misalnya, bisa membuat jadwal pembelajaran dengan detil dan mudah untuk diingatkan kembali pada setiap jadwal yang sudah ditetapkan.

Evernote bisa mempermudah kinerja para praktisi pendidikan, baik guru maupun murid. Sekaligus bisa meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan teknologi Evernote. Evernote bisa diakses gratis, namun juga disediakan versi premium atau berbayar, dengan fitur yang lebih daripada yang gratis tersebut.


Sumber pustaka :
Kurniali, Sartika. Mengingat Segalanya Dengan Evernote. Elex Media Komputindo, Jakarta : 2012.

No comments:

Post a Comment